Pentingnya Mengikuti Pelatihan Hospitality

Pentingnya Mengikuti Pelatihan Hospitality

Hospitality adalah aspek utama dalam perusahaan atau instansi terutama yang bergerak di bidang jasa dan pelayanan. Itulah sebabnya pelatihan hospitality menjadi hal yang sangat penting bagi yang tertarik terjun di bidang tersebut. Ada banyak hal yang akan diperoleh saat mengikuti pelatihan hospitality

Untuk mengetahui lebih jelas tentang pelatihan hospitality termasuk biaya dan materi yang akan didapatkan, berikut informasi selengkapnya.

Apa Itu Pelatihan Hospitality

Hospitality memiliki arti sikap ramah tamah kepada sesama manusia. Jika merujuk pada kegiatan penyedia jasa, hospitality bisa diartikan serangkaian aktivitas keramah-tamahan berbagai pelayanan dari sebelum tamu datang hingga tamu akan pergi.

Sedangkan pelatihan hospitality adalah serangkaian kegiatan untuk melatih para peserta dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan keterampilan SDM dalam sebuah perusahaan atau instansi.

Di era kompetisi bisnis yang sangat kompetitif ini, para pelaku usaha jasa atau pelayanan publik tidak bisa mengesampingkan aspek hospitality. Semua level manajemen dari atas hingga bawah harus mempraktekkannya.

Pasalnya, usaha Anda akan mendapatkan rating yang buruk jika customer mendapatkan kesan yang tidak baik saat makan di restoran atau menginap di hotel yang Anda kelola.

Selain itu, banyak kasus yang viral di media sosial atau portal berita terkait pelayanan publik atau hospitality industry yang tidak sesuai prosedur. Para customer membagikan pengalaman yang tidak menyenangkan bersama bukti foto hingga video di berbagai platform media sosial. 

Hal tersebut bisa jadi bumerang untuk perusahaan Anda karena kini semua orang bisa membagikan informasi apa saja dan dilihat oleh seluruh dunia. Jangan sampai pelanggan mendapat kesan yang tidak baik dan berimbas pada kerugian.

Meskipun terkadang tidak sepenuhnya salah perusahaan atau instansi, namun sebaiknya aspek hospitality harus diutamakan.

Aspek hospitality tidak hanya fokus pada poin kecepatan dan ketepatan pelayanan, melainkan lebih dari itu dimana semua pelayanan harus disertai keramah-tamahan.

Tujuan Mengikuti Pelatihan

Mengikuti pelatihan keramah-tamahan tentunya bukan tanpa tujuan. Setelah kegiatan pelatihan selesai, diharapkan para peserta dapat mempraktikkan apa yang telah dipelajari.

Berikut beberapa tujuan mengapa harus mengikuti hospitality training, yaitu:

  • Mengetahui dan dapat menyusun standar terbaik yang terkustomisasi untuk setiap perusahaan.
  • Mengerti bagaimana berpenampilan yang baik
  • Mengerti tentang bahasa tubuh (body language) dan cara memanfaatkan sesuai kebutuhan pekerjaan di setiap perusahaan
  • Para peserta dapat memberikan pelayanan terbaik dan prima pada customer 
  • Memahami cara menyapa customer sesuai dengan kebutuhan masing-masing
  • Mengkaji ulang tentang kebijakan pelayanan hospitality perusahaan yang telah berlaku selama ini

Outline Materi Pelatihan

Saat mengikuti pelatihan, inilah daftar outline materi pelatihan hospitality yang akan peserta pelajari, antara lain:

  • Dasar-dasar mengenai customer service
  • Kriteria standar pelayanan tamu dalam perusahaan atau instansi berbasis jasa
  • 5 sikap penting dalam pelayanan
  • Peran dasar karyawan dalam pelayanan tamu
  • Memahami perspektif customer tentang Excellent Service
  • 3 pilar mengelola bisnis yang efektif
  • 7 poin penting dalam layanan hospitality
  • Dan banyak materi lainnya.

Adapun biaya pelatihan hospitality, antara lain:

1.

2.

3.

Mengikuti pelatihan hospitality management memiliki manfaat yang besar terhadap masa depan karir dan performa perusahaan. 

Di samping itu, memberikan keramahan dan empati kepada pelanggan yang datang membuat mereka merasa dihargai dan meninggalkan kesan yang baik sehingga akan datang kembali lagi dan lagi.Rangkaian pelatihan hospitality ini bisa diikuti oleh perusahaan atau instansi yang bergerak di bidang hospitality industry. Materi pelatihan dirancang untuk meningkatkan kualitas dan performa perusahaan dengan dipandu trainer yang telah berpengalaman dan memiliki kualifikasi public services dan ISO.  Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan Hospitality bisa menghubungi kami PT Nusantara Hospitality Insani.

No Comments

Post A Comment