Macam-macam Training untuk Karyawan Hotel

Macam-macam Training untuk Karyawan Hotel

Diadakannya macam-macam training bagi para karyawan adalah untuk meningkatkan keahlian dan kualifikasi. Hal ini tentunya menjadi bagian dari investasi yang menguntungkan untuk pemilik perusahaan kedepannya. Pasalnya, salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian para karyawan adalah dengan mengikuti training.

Ada beberapa macam-macam training untuk karyawan hotel yang bisa diikuti baik yang sudah lama atau baru bergabung. Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa saja macam macam training, pengertian, dan manfaatnya, simak informasi berikut ini.

Pengertian Apa Itu Training

Umumnya, ada dua jenis pelatihan yang dilakukan oleh karyawan, yaitu training dan pengembangan. Keduanya memiliki tujuan dan pengertian yang berbeda.

Training karyawan diadakan oleh perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keahlian berdasarkan syarat pekerjaan dan kebutuhan perusahaan. Training karyawan juga bertujuan untuk membuat lingkungan tempat kerja yang mendukung dan membuat mereka merasa dihargai keberadaanya. 

Sedangkan pengembangan karyawan dilakukan sebagai persiapan untuk pekerjaannya di masa depan.

Inilah 4 Manfaat Training untuk Karyawan Hotel

Beberapa manfaat diadakannya training untuk karyawan hotel adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan citra hotel

Semakin baik kualitas dan kinerja karyawan di hotel, maka akan membuat citra hotel juga  semakin baik di mata publik atau tamu.

2. Meningkatnya produktivitas hotel

Setelah mengikuti training, karyawan akan lebih baik dalam memahami peran mereka di hotel sehingga meningkatkan performa kerja. Nah, semakin baik performa kerjanya, maka produktivitas hotel juga meningkat.

3. Meningkatkan kinerja

Mengikuti training membuat pengetahuan dan keahlian karyawan meningkat sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu hotel. 

4. Memperoleh karyawan dengan sikap dan komitmen yang lebih baik

Training yang diadakan oleh hotel membuat para karyawan merasa diperhatikan untuk bisa meningkatkan keahlian. Namun, jika hotel tidak pernah mengadakan program training karyawan, bisa jadi mereka menganggap telah diabaikan dalam pengembangan karir sehingga merasa tidak perlu bertahan lama.

Materi Training Karyawan Hotel

Berikut macam-macam training untuk karyawan hotel, antara lain:

1. Service Excellence atau pelayanan prima

Service excellence merupakan wujud dari pelayanan prima kepada semua tamu hotel dengan tujuan bahwa mereka merasa puas selama menggunakan jasa hotel Anda.

Pada dasarnya, penerapan Service Excellence ditujukan kepada siapapun tanpa perbedaan, baik tamu atau calon tamu.

Pelatihan service excellence ini ditujukan untuk perusahaan atau instansi yang ingin meningkatkan loyalitas pelanggan dengan cara meningkatkan etos kerja karyawan dan memperbaiki sistem pelayanan.

Tujuan dari training ini adalah karyawan memiliki visi yang kuat dan semangat dalam dirinya untuk lebih terlihat demi kesuksesan tempatnya bekerja melalui pemberian pelayanan prima kepada pelanggan.

2. Hospitality atau keramahtamahan

Selanjutnya ada hospitality training yang akan membahas tentang bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik kepada tamu dari sebelum datang hingga pulang. 

Materi yang diajarkan pada sesi training ini, antara lain adalah dasar-dasar customer service, bagaimana standar pelayanan tamu berbasis jasa, rahasia pelayanan keramah-tamahan, dan banyak lainnya.

3. How to Handle Difficult People

Training untuk karyawan selanjutnya adalah bagaimana cara menangani tamu yang sulit. Garis besar materi yang akan dibahas pada pelatihan ini adalah cara membina hubungan dengan pelanggan, rahasia memenangkan kerjasama, menghadapi orang sulit, serta ancaman untuk kepuasan pelanggan.

4. Team Building

Materi pelatihan yang juga penting untuk meningkatkan kohesivitas tim kerja adalah Team building. 

Dengan mengikuti team building training diharapkan bisa menjadi satu tim yang solid, dapat saling percaya, dan bekerja sama dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.Dari macam-macam training untuk karyawan ini, adakah yang pernah Anda ikuti? untuk informasi pelatihan training karyawan hotel bisa menghubungi kami PT Nusantara Hospitality Insani.

No Comments

Post A Comment