Karakteristik Bisnis Hospitality

Karakteristik Bisnis Hospitality

Bisnis hospitality tidak bisa lepas dari aktivitas pelayanan yang mengedepankan sikap ramah tamah dan hubungan baik antara pemilik bisnis dan pelanggan. Pengelolaan dalam bisnis hospitality tidak hanya bersifat transaksional, seperti jual jasa atau barang. Kini, hampir semua jenis bisnis terutama yang berbasis pelayanan dan jasa adalah hospitality oriented.

Apa saja jenis bisnis hospitality dan bagaimana karakteristiknya, silakan simak informasi selengkapnya berikut.

Pengertian Bisnis Hospitality

Ruang lingkup usaha hospitality sangatlah luas hingga pembagian mana yang termasuk sektor hospitality dan bukan menjadi sedikit rancu.

Secara garis besar, bisnis hospitality adalah bisnis yang berbasis jasa atau pelayanan publik terhadap tamu. Hospitality atau keramah-tamahan menjadi kunci utama supaya bisnis tersebut berjalan baik dan lancar.

Contoh bisnis yang bergerak dalam sektor hospitality diantaranya adalah penginapan, tempat wisata, event planning, kapal pesiar, transportasi, SPA, dan lainnya.

Sedangkan kategori industri hospitality dibedakan menjadi 4 kategori, yaitu Travel and Tourism, Food and Beverage, taman rekreasi, dan Lodging (penginapan).

Inilah 6 Karakteristik Bisnis Hospitality

Setelah memahami secara umum tentang pengertian bisnis hospitality, inilah 6 karakteristiknya yang bisa dipelajari, yaitu:

1. Intangible (tidak berwujud)

Berbeda dengan barang, bisnis jasa tidak memiliki wujud dan susah dideskripsikan. Pasalnya, bisnis barang bisa berupa suatu objek atau alat, sedangkan jasa/ pelayanan berupa suatu tindakan, proses, usaha, atau kinerja.

Tamu atau pelanggan tidak dapat mengetahui dengan pasti bagaimana jasa yang diberikan sebelum datang langsung, membeli, dan merasakannya. 

Bisnis yang bergerak dalam sektor hospitality memiliki keterbatasan search qualities atau karakteristik fisik yang bisa diulas sebelum dibeli.

Selain itu, disebut berkarakter intangible adalah karena bisnis ini tidak bisa atau susah dipatenkan dan tidak dapat dihitung atau diinventaris.

2. Heterogeneity (beraneka ragam)

Jasa juga memiliki sifat heterogeneity atau variability karena variabel untuk menentukan standar kepuasan setiap konsumen itu beragam dan bersifat subjektif meski pada produk yang sama.

Output pelayanan yang diberikan oleh pelaku bisnis jasa akan dirasakan berbeda-beda oleh setiap pelanggan. Tidak ada tolok ukur standar penilaian yang objektif pada bisnis jasa berdasarkan komponen yang diprioritaskan atau siapa yang menyajikan.

Kualitas pelayanan dalam bisnis hospitality banyak dipengaruhi oleh berbagai jenis faktor yang tidak bisa dikontrol.

3. Inseparability (tidak dapat dipisahkan)

Produk dari bisnis hospitality bersifat inseparable dimana tidak dapat dipisah dari sumbernya. Yang dimaksud dengan sumber bisnis dalam bidang hospitality adalah lokasi dimana pelayanan/ jasa berada, dan manusia sebagai sumber jasanya.

4. Simultaneity (terjadi secara bersamaan)

Hospitality juga bersifat simultaneity dimana proses produksi dan waktu konsumsi terjadi secara simultan (bersamaan). Layanan jasa diproduksi secara bersamaan sehingga pelayanannya tidak bisa disimpan.

Hal tersebut mengakibatkan pelayanan yang diperoleh tidak dapat dipastikan secara pasti sebelum dibeli atau digunakan.

5. Immovability (tidak bisa dipindah)

Selanjutnya, produk hospitality memiliki karakteristik immovability atau tidak untuk dipindah tempat saat dinikmati. Artinya, untuk bisa menikmati produk tersebut, para konsumen hanya bisa menikmatinya di tempat produk tersebut diproduksi.

6. Perishability (tidak tahan lama)

Karakteristik berikutnya adalah perishable atau tidak tahan lama dan tidak bisa disimpan jika hari ini tidak dijual. Contohnya kamar hotel atau penginapan yang tidak digunakan hari ini maka akan berlalu dan tidak dapat disimpan kembali.

Karakter yang seperti ini membuat perusahaan hospitality kesusahan dalam menyesuaikan permintaan dan penawaran.Masa depan sektor hospitality di Indonesia terbilang cerah karena minat wisatawan baik lokal maupun asing cukup tinggi. Tidakkah Anda tertarik terjun dalam bisnis hospitality? Bila Anda sedang mencari informasi terkait pelatihan Hospitality bisa menghubungi kami PT Nusantara Hospitality Insani.

No Comments

Post A Comment